Pengurus dan Pengawas

Perkembangan Organisasi

Organisasi koperasi adalah kumpulan orang–orang, yang mana pengambilan keputusan tertinggi ada dalam Rapat Anggota. Disamping itu, Koperasi merupakan cermin adanya demokrasi ekonomi karena dalam proses pengambilan keputusan didasarkan atas musyawarah dan mufakat anggota.

Semakin besar koperasi semakin besar pula permasalahan yang akan dihadapi, oleh karena itu untuk menghadapi kemungkinan tersebut koperasi harus dilengkapi dengan peraturan-peraturan yang memadai, sistem akuntansi dan teknologi informasi (information technology/IT) yang handal. Kesemuanya itu dimaksudkan agar dapat memproteksi aset koperasi, meningkatkan pelayanan kepada anggota, dan mendukung dalam kerjasama dengan pihak eksternal.

Organisasi dan kelembagaan koperasi yang kuat dan berkembang didukung dengan sistem administrasi keuangan yang handal   (didalamnya sistem akuntansi baik secara manual maupun komputerisasi). Hal ini akan mempermudah tercapainya tujuan pendirian koperasi yaitu anggota sejahtera ekonomi dan sosialnya.

Karena organisasi Koperasi adalah kumpulan orang bukan kumpulan modal, maka semakin banyak jumlah anggota makin baik. Jumlah anggota yang besar dapat memperkuat permodalan Koperasi sekaligus memperbesar pangsa pasarnya, sehingga hal tersebut akan merupakan kunci sukses usaha, yaitu adanya “Kepercayaan“yang didukung oleh jaminan pasar dan jaminan pembayaran.

Meningkatnya jumlah sumberdaya manusia (anggota koperasi) seringkali diikuti oleh permasalahan yang lebih kompleks. Untuk itu Koperasi harus dilengkapi dengan Peraturan, Sistem dan Prosedur yang dapat mengendalikan perangkat organisasi agar pengelolaan organisasi dan usahanya tidak keluar dari tujuan pendirian Koperasi.

Koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial anggotanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan jujur dalam bentuk penguatan dan pengembangan organisasi yang terdiri dari pengurus, pengawas dan pengelola dengan susunan struktur sebagai berikut.

hasil penyusunan formatur berdasarkan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang selanjutnya disahkan, dikukuhkan dan dilantik dihadapan Pusat KPRI Jember

Susunan Pengurus KP-RI Universitas Jember TAHUN 2000 terdiri dari Ketua I, Ketua II, Sekretaris I dan II, Bendahara I dan II, Anggota Pengurus 1 dan Anggota Pengurus 2. Sejak Tahun 2013 nama Ketua I menjadi Ketua dan Ketua II menjadi Wakil Ketua, disamping itu hanya ada satu Sekretaris dan satu Bendahara.

Pengurus KPRI Universitas Jember dalam melaksanakan aktifitasnya berdasarkan pada tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) jabatan. Disamping itu untuk memperlancar tugas penga-wasan pada unit–unit usaha maka diadakan sistem piket bagi pengurus. Pengurus juga wajib untuk hadir di KP-RI Universitas Jember untuk melaksanakan dan memantau tugas dan kegiatan sesuai bidangnya.

 Susunan Kepengurusan KP-RI UNEJ Periode Tahun 2015-2017

1 Dr.Muh. Miqdad,SE.,MM,CA,Ak  Ketua Fakultas Ekonomi
2 Ir. Hamid Ahmad  Wakil Ketua Fakultas Teknologi Pertanian
3 Moh. Jazuli, SH  Sekretaris Kantor Pusat
4 Dr. Dra. Elok Sri Utami, M.Si  Bendahara I Fakultas Ekonomi
5 Ir. Anik Suwandari, MP  Bendahara II Fakultas Pertanian
6 Eddy Mulyono, SH, M.Hum  Angt Pengurus I Fakultas Hukum
7 Muh. Hasan, SP  Angt. Pengurus II Politeknik

Pengawas

 Pengawas sesuai amanah Rapat Anggota bertugas untuk melakukan pengawasan operasio-nal koperasi dan melakukan pemeriksaan rutin untuk bidang keuangan, usaha dan organisasi.

Susunan Pengawas KP-RI Universitas Jember terdiri dari Koordinator dan satu Anggota

 Pengawas KPRI UNEJ

1 Drs. Sudarno, M.Si, Ak  Koord. Pengawas Fakultas Ekonomi
2 I Wayan Yasa, SH, MH  Angt. Pengawas I Fakultas Hukum
3 Drs. Umar H.M Saleh  Angt. Pengawas II FKIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Online Chat
Back
Fill out the following:
Start Chatting
No users are currently online
User is offline and cannot receive messages
Send