RAT KPRI UNEJ tahun buku 2019 (RAT di tengah badai wabah)

Rapat Anggota Tahunan di tengah wabah

30 MAret 2019, pukul 12.00 siang udara mulai gerah dan berita mengenai wabah semakin meluas, Pemerintah pun berusaha keras melakukan usaha usaha baik preventif maupun kuratif. Salah satunya adalah anjuran dari Pemerintah berupa Social Distancing untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Berkenaan dengan hal tersebut di tahun ini (2020) KPRI UNEJ juga mempunyai hajatan atau kegiatan tahunan yaitu RAT (Rapat Anggota Tahunan).

RAT KPRI UNEJ telah dipersiapkan sudah lama dengan jadwal dan hari yang sudah ditetapkan, namun karena adanya anjuran dari Pemerintah untuk tidak mengundang kerumunan maka beberpa kali jadawal RAT tahun ini dirubah, pun juga teknis pelaksanaannya juga dirubah.

Dengan dasar itulah maka pelaksanaan RAT KPRI UNEJ tahun ini lain dari tahun sebelumnya baik teknis ataupun pesertanya. Peserta RAT yang biasanya dihadiri oleh anggota dan perwakilan sekitar 200 orang lebih, Pelaksanaan RAT kali ini hanyai melibatkan sekitar 30 orang saja selain pengurus dan pengawas. Dan tehnik pelaksanaannya pun unik yaitu melalui daring atau media on-line konferen Zoom. Panitia RAT pun harus berusaha keras mempersiapkan tehnis ini dan dibantu oleh tenaga ahli IT dari Universitas Jember. Pelaksanaan RAT kali ini juga disiarkan secara langsung melalui medsos Facebook milik KPRI UNEJ yang bisa di akses siapa saja.

30 Maret 2020, jam 18.30

Tampak pengurus dan Pengawas sudah menempati ruang masing masing untuk memulai RAT tahun ini. PAnitia membagi lokasi Pelaksanaan menjadi 3 tempat.. dan tiap ruang hanya boleh diisi oleh 4 orang, hal ini agar tidak melanggar anjuran dari pemerintah. Setelah peserta RAT yang berpartisipasi secara online sudah masuk daftar quorum maka RAT pun dibuka oleh Sekretaris dan diberi sambutan olah ketua KPRI UNEJ, Rektor Universitas Jember dan dari Dinas Koperasi Indonesia.

 

Alhamdulillah puji syukur, RAT  berjalan lancar dan sangat khidmat, peserta juga komitmen untuk mengikuti rapat secara online hingga acara berakhir. dan acara ditutup dengan evaluasi dari Perwakilan Dinas Koperasi, yang menjelaskan bahwa RAT kali ini sangat bagus dan juga sudah sah emskipun online karena ada dalam undang undang Koperasi, disamping itu Dinas Koperasi juga memberikan Pujian kepada KPRI UNEJ, bahwa RAT yang dilakukan secara online ini satu satunya yang pertama dilakukan di Indonesia dan bisa menjadi contoh bagi Koperasi lain sebagai wujud tanggung jawab dan juga tetap mengikuti anjuran Pemerintah.

Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara RAT KPRI UNEJ tahun buku 2019 ini, terima kasih kepada semua anggota KPRI UNEJ dan semua mitra usaha KPRI Unej khususnya Universitas Jember sebagai naungan dari KPRI UNEJ sehingga acara ini bisa berjalan lancar dan sukses.

KPRI UNEJ … Sukses.. Sejahtera… Berkah.. Aaamiin..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *